MENU
  • Home
  • Megamenu
    • Travel
    • Lifestyle
    • Fashion
    • Beauty
    • Travel
      • Travel
      • Features →
        • Left Sidebar Post
        • Fullwidth Post
        • Right Sidebar Post
      • Blog
      • Download
      CGRAFIS: Tutorial Belajar Animasi dan 3D
      • Home
      • Megamenu
        • Travel
        • Lifestyle
        • Fashion
        • Beauty
        • Travel
          • Travel
          • Features
            • Left Sidebar Post
            • Fullwidth Post
            • Right Sidebar Post
          • Blog
          • Download

          Home tutorial Membuat Animasi Bendera Realistis Dengan 3DS Max

          Membuat Animasi Bendera Realistis Dengan 3DS Max

          Tedi 4:42 PM 3

          Di Tutorial ini, saya akan menjelaskan beberapa langkah untuk membuat animasi bendera yang nyaris realistis. 




          Cara kerja animasi bendera ini berbasis simulasi, jadi tidak ada animasi keyframe manual disini. Berikut adalah hasil yang saya dapatkan.



          Nah, langsung aja ya gaes. Berikut tutorial nya . . .


          1.    Di viewport Top, buatlah Plane dengan Length=130 dan Width=250. Atur juga nilai Length Segs=30 dan Width Segs=50.


          2.    Tambahkan modifier Poly Select, lalu masuk ke mode seleksi vertex. Aktfkan use soft selection , lalu seleksi beberapa vertex yang berada di sisi kanan seperti gambar dibawah.


          3.    Masih vertex dalam keadaan terseleksi, tambahkan modifier Noise. Pada parameternya, atur nilai Scale=200, aktifkan ceklis Fractal atur nilai Strength pada X=300 sehingga vertex akan terlihat kusut pada ujungnya. Untuk menonaktifkan seleksi vertex,  Tambahkan modifier Edit Poly .


          4.    Ok, sekarang buatlah tiang menggunakan Cylinder diujung bendera seperti gambar dibawah.



          5.    Sekarang, masukkan Wind pada panel Create > Space Warps > Wind. Drag di viewport Left seperti gambar dibawah.
           




          6.    Mungin arah angin akan berlawanan dengan arah kibaran bendera. Untuk itu, gunakan Mirror tool dengan Axis=X lalu tipe Clone Selection=No Clone sehingga hembusannya menjadi searah.



          7.    Tambahkan modifier Cloth pada plane, lalu di parameter, klik tombol Object Properties untuk membuka jendela Object Properties.

           

           

          8.    Di jendela object properties yang muncul, seleksi objek Plane lalu pilih tipe Cloth dengan Preset Wool.


          9.    Tekan tombol Add Objects lalu pada jendela baru yang muncul, pilih Cylinder dan tekan tombol Add.


          10.    Pilih objek Cylinder di panel  Object in Simulation, lalu pilih tipe Collision Object. Tekan Ok untuk menutup jendela.



          11.    Buka tanda plus (+) pada modifier cloth, lalu pilih Group dan seleksi 3 grup vertex seperti gambar. Di rollout Group, tekan tombol Make Group maka akan muncul jendela baru. Di jendela ini, ubah namanya menjadi kait.


          ;.

          12.    Seleksi grup kait, lalu tekan tombol Surface dan klik pada objek Cylinder. jangan lupa nonaktifkan sub-menu Group di modifier cloth. Sekarang, ketiga vertex yang tadi terseleksi akan mengait ke objek silinder saat disimulasikan.



          13.    Di rollout Simulation Parameters, aktifkan ceklis Self Collision dengan nilai 1.


          14.    Seleksi objek  wind, lalu atur parameter Strength=18, Turbulence=0.2, Frequency=0.1 dan Scale=0.5.


          15.    Seleksi kembali objek Plane, lalu tekan tombol Cloth Force. Di jendela force yang muncul, seleksi objek Wind yang berada di daftar kiri, lalu tekan tombol panah yang menunjuk ke kanan sehingga objek wind, sekarang pindah ke daftar kanan.



          16.    Ok, tekan tombol Simulate untuk mulai Simulasi.



          17.    Tambahkan modifier Turbosmooth agar mesh lebih lembut,kemudian tambahkan modifier Shell supaya plane lebih tebal.



          Nah, hasilnya cukup memuaskan kan ?

          Well, kalau hasilnya dirasa kurang memuaskan, anda bisa bereksperimen dengan nilai-nilai di menu properties agar kibaran bendera benar-benar terlihat nyata seperti kain. Karena ada kalanya bendera berkibar seolah terlihat tebal seperti karung goni.

          Di tutorial ini, saya menggunakan preset kain wool karena dirasa paling cocok gerakannya. Namun, anda bisa mencoba menggunakan menu lain dengan setingan sendiri agar lebih paham dengan berbagai fungsi disana.

          Untuk hasil diatas, saya merendernya menggunakan engine vray dengan di tambah material tentunya.  Untuk tutorial pemberian material dan rendering, nanti deh kapan-kapan saya sambung lagi.

          Untuk sekarang, mungkin hanya ini saja, maaf kalau ada kata yang kurang berkenan, dan semoga bermanfaat.

          Wassalam . . .
          Tags: 3d 3DS MAX tutorial
          Share:
          • Next You are viewing Most Recent Post
          • Previous Membuat Efek Glitch dengan After Effect

          Related Posts

          • Membuat Animasi Bendera Realistis Dengan 3DS Max

          3 comments :

          1. Suka renderMarch 2, 2016 at 1:43 PM

            terima kasih tedy permana atas ilmunya
            sukarender.blogspot.com

            ReplyDelete
            Replies
              Reply
          2. UnknownApril 30, 2016 at 8:47 PM


            Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
            Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

            Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

            ReplyDelete
            Replies
              Reply
          3. UnknownNovember 10, 2017 at 8:18 AM

            min,minta tutorial yang lainya dong
            yang pake reaktor rope

            makasih min...klo udah WA ya 082137729955

            ReplyDelete
            Replies
              Reply
          Add comment
          Load more...

          Older Post Home
          Subscribe to: Post Comments ( Atom )
          Designed by OddThemes

          About Author

          I'm Susanna, I blog about travel.

          This season, the American designer will showcase a series of historic objects from the New York museum's.

          Stay Connected

          Popular Posts

          • Membuat Intro Film dengan After Effect
          • Ayo Mulai Belajar After Effect Dari Sekarang!!!
          • Membuat Animasi Judul dengan After Effect Bag. 2
          • Masa Depan Karir Siswa Jurusan Multimedia
          • Membuat Animasi Judul dengan After Effect
          • Membuat Animasi Tanaman Tumbuh Dengan 3DS MAX
          • Tuttorial After Effect: Animasi Dasar
          • Pemandangan Laut dengan 3DS Max
          • Modeling Pesawat Dengan 3DS Max
          • Membuat objek Gelas dengan Blender
          Powered by Blogger.

          Category

          • 3d
          • 3D Modeling
          • 3DS MAX
          • Animasi
          • Blender
          • Cinema 4D
          • CSS
          • demo
          • download_software
          • FumeFX
          • HTML
          • jQuery
          • kamera
          • komputer
          • Motion Graphic
          • News
          • Photoshop
          • program
          • Rayfire
          • Slide
          • software
          • teknik
          • Thinking Particle
          • trouble shooting
          • tutorial
          • Tuttorial After Effect
          • Tuttorial FumeFX
          • umum
          • videografi
          • virus
          • Visual Effect
          • web

          Contact Form

          Name

          Email *

          Message *