Assalamualaikum agan semua... sekarang puasa udah tanggal 18 nih. Alhamdulilah semuanya lancarr, gak ada halangan dan semoga tamat sampai lebaran nanti. Amin....
Oh ya, pada tulisan kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara membuat suasana lautan menggunakan 3DS Max. Ya, 3DS Max lagi... coz, saya lagi semangat-semangatnya belajar 3DS Max. Mungkin, untuk tuttorial software lainnya, nanti saya usahakan.
Ok, disini kita akan membuat suasana lautan yang cukup realistis. untuk riak airnya kita menggunakan Bump dengan material Smoke. Pantulan air menggunakan Fallof dan raytrace sehingga warna dari laut akan menyesuaikan dengan warna langit yang ditentukan. Hasilnya kira-kira seperti ini:
Langsung ke tutorial bang....
1. Pada viewport, buatlah objek Plane. Atur nilai Width dan Length=2000 dengan nilai Length Segs dan Width Segs=50.
2. Buat objek Sphere dengan posisi ditengah objek Plane. Atur Radius=1000 dan Hemisphere=0,5 supaya bentuknya setengah bola. Geser posisi sphere kebawah agar nantinya objek plane tidak terhalang...
3. Aktifkan Sphere lalu pada panel Modify > Modifier List: Normal. Dengan menggunakan tool Select and Scale, buat sphere agar lebih pendek.
4. Sekarang, buatlah kamera dan tempatkan diatas plane dan berada didalam sphere. Saya menggunakan Free Camera dengan Lens=28.
5. Tekan tombol M pada keyboard untuk membuka Material Editor. Pilih slot pertama lalu atur nilai Self-Illumination=100. Klik tombol Diffuse lalu piih Bitmap. Pilih Cloud.jpg dan atur tilling pada U menjadi 2. drag material ke objek Sphere di viewport.
6. Klik tombol C pada keyboard untuk mengubah pandangan menjadi kamera, lalu render.Hasilnya seperti ini.
7. supaya gambar langit menempati objek sphere dengan pas, tambahkan Modifier list: UVW Mapping. Pada parameter Mapping,pilih Cylindical.
8. Coba render lagi gan, maka sekarang gambar langit sudah tampak lebih baik.
9. Aktifkan slot kedua. Sekarang, kita akan membuat material laut. Atur nilai Specular=150 dan Glossiness=30.
10. Buka panel Map lalu aktifkan ceklis Reflection dan atur nilainya=70. Klik tombol None lalu pilih Falloff. Atur nilai Falloff type=fresnel dan pada tombol kedua di Falloff Parameter pilih Raytace.
11. Kembali ke panel Maps lalu aktifkan Bump dan atur nilainya=20. Klik tombol None lalu pilih Mask.
12. di parameter Mask, klik tombol None pada Maps lalu pilih Smoke.
13. Diparameter Smoke, pada panel Coordinates ganti Source=Explicit Map Channel. DI panel Smoke Paremeter, atur nilai Size=0,005 dengan Iteration=20 dan Exponent=0,5. Dan warna pada Color#2 menjadi putih.
14. Drag slot kedua ini pada Plane diviewport. Tekan render, hasilnya kurang lebih seperti gambar bawah.
14. Kalau mau, agan bisa menambahkan Skylight pada scene. Pada panel create > Light > Standard > Skylight. Hasilnya seperti gambar dibawah...
Supaya hasilnya tambah realistis, tambahkan Modifier Noise pada plane agar terlihat lebih berombak. Saya menambahkan Noise dengan beberapa pengaturan dan hasilnya seperti gambar dibawah.
Yang menarik adalah, warna dari laut akan menyesuaikan dengan gambar langit. Jadi, kalau agan merubah gambar langit, maka warna lautpun akan ikut berubah. Keren kan... misalnya, saya merubah gambar langitnya menjadi gambar langit ketika sore hari. Hasilnya seperti gambar dibawah:
Dengan tambahan lampu omni di luar objek Sphere, maka cahaya akan mempengaruhi laut seperti tersorot matahari. Hasilnya gambar bawah:
Nah, untuk sentuhan akhir, saya menambahkan Optical Flares dan perubahan warna secukupnya, hasilnya seperti gambar bawah.
Kalau agan penasaran dengan parameter Noise yang saya atur pada Plane, silahkan download file sourcenya disini. isinya, adalah gambar langit yang dipakai pada tutorial ini dan juga file scene .max yang bisa agan buka dengan program 3DS Max.
Sekian dulu tutorial kali ini gan, maaf kalau ada penjelasan atau tulisan yang kurang jelas. Pertanyaan, kritik maupun saran, silahkan tulis di kotak komentar. Moga bermanfaat….
Home Visual Effect Pemandangan Laut dengan 3DS Max
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
Designed by OddThemes
agar lautx bs bergerak(animasi)..gmn yah gan?bs g dgn metode diatas? :o
ReplyDeletebisa bang, tinggal animasi'n noise dan phase pada material smoke... :-)
ReplyDeletepassword nya apa bang
ReplyDeletepassword source filenya apa?????????????
ReplyDeletepasswordnya: parangkakak bang...
ReplyDeletePermisi min, mau nanya, laut nya saya kok ga bewarna ya ? warna nya hanya putih / silver . sama kalo dari Falloff Parameters untuk kembali ke menu Maps gimana cara ya ? Thanks
ReplyDeleteudah d kasih langit blum gan? soalnya wrna laut nya itu trgantung dri material langit (geosphere). Kalo gk ada material langitnya, maka lautnya pun jdi wrna putih gk jelas gtu...
ReplyDeleteutk kmbali ke maps, klik tombol "Go to Parent" (tombol kecil, dg gmbar panah mlgkung ke atas).
CMIIW... :-)
makasih gan.. blog walking aja.. :)
ReplyDeleteshare donk tutorial AVS editor video
thx kunjungannya gan...
Deletewah, maaf gan ane blum prnah cba AVS editor video, jdi gk bsa bantu... hehe...
gan, nomor 13 yang bener ukuran size nya yang mana ? di gambar ato di tulisan ?
ReplyDeletethanks :)
Yg bener itu yang di gmbar gan . . .
DeleteSya salah tulis . . . :-D
gan bisa buatin tutor buat animasi air bergeraknya?
ReplyDeleteInsya Allah gan . . .
DeleteAssalamu'alaikum mas brow, file source nya gak bisa di download nih.. thanks
ReplyDeleteOwh iya kang, file nya sudah di hapus dari turbobot nya. kbetulan di saya filenya jga sudah gk ada, jdi mgkin sudah gk bisa di upload lagi . . .
Deletejdi gmna donk bg...
ReplyDeletebsa gak klo kta pke file pemandangan sendiri..
mhon di bantu yaa bg, soalnya saya lge ada tugas niee...
Kalo background langitnya sih bisa pake file sendiri mbak, sesuai selera aja.
Deletebuatin animasi air bergerak ny donk bg...
ReplyDeleted tunggu yaa...
gan ka,lo 3dsmax 2013 tampilan material editornya beda ane jd bingung
ReplyDeleteIya gan, ada beberapa tambahan. tapi sama aja kok fungsinya , , ,
Deletegan,, tutorial dalam bentuk video ada gk gan ?
ReplyDelete3ds max 2012 ko ga bisa bg ?
ReplyDelete