Oh, ya... pada tutorial kali ini saya membahas cara membuat objek berduri dengan 3DS MAX. Saya menggunakan Scatter, agar objek yang dipilih menyebar pada permukaan objek lainnya secara merata. Kita dapat mengatur jumlah objek yang disebar dan otomatis akan mengikuti bentuk surface. Screenshoot nya bisa agan lihat dibawah:
Ok, cekidot mas bro...
1. Buat objek sphere pada viewport. Untuk ukuran, standar aja gan....
2. Sekarang, buat objek durinya dari Cone. Atur parameter Radius2=0, supaya ujung atasnya runcing.
3. Ini yang paling penting... aktifkan objek cone lalu pada panel Create > Geometry > Compound Object > Scatter.
4. di parameter Scatter, klik tombol Pick Distribution Object lalu klik objek Sphere di viewport. Maka objek cone akan bergabung dengan sphere. Nah, supaya duri lebih banyak atur nilai Duplicates misal 60.
5. kini, objek cone sudah memenuhi permukaan sphere dan siap diberi material.
6. supaya material berbeda antara duri dan bola, kita harus memberi identitas (ID) yang berbeda pula. Sebelum memberi ID, ubah dulu objek ke mode editable Poly. klik kanan objek > Convert To > Convert to editable Poly.
7. Pada panel Modify, klik tanda plus (+) Editable Poly dan aktifkan Modus Element. Aktifkan bola (klik objek untuk mengaktifkan) lalu atur Set ID=1 lalu tekan Enter.
8.Masih dalam modus Element, aktifkan semua duri lalu atur Set ID=2. Sekarang, objek bola mempunyai ID=1, sementara objek duri mempunyai ID=2. Pemberian ID Ini sangat berguna untuk memberi material berbeda pada satu objek.
9. Sekarang, tekan tombol M pada keyboard untuk membuka Material Editor. Aktifkan slot baru lalu klik tombol standard. Pilih Multi/Sub –Object maka akan ada jendela alert yang muncul. Pilih Discard old Material dan Ok.
10. Nah, disini akan ada banyak no ID yang bisa anda pilih. Untuk memberi warna pada masing-masing ID, klik saja tombol Material #* (Standard) dan parameter selanjutnya pasti agan udah kenal^^..
Pada gambar diatas, saya memberi Material ID 1 (bola) warna hitam dan mengaktifkan bump dengan tekstur tembok supaya terlihat kasar. Untuk Material ID 2 (duri), saya menggunakan warna putih dengan specular tinggi dan mengaktifkan Reflection=Raytrace.
Sentuhan akhir, saya menambahkan gagang dan juga lantai serta teks. Hasilnya seperti gambar dibawah gan:
minta tekhnik2 dasar modelling dunk gan..
ReplyDeleteTrus low bwt efek bayangan x itu pke ap?
Kamera z, atw d tmbahin?
Thnks
Spya ada byangan, harus ada pnchayaan/lampu gan...
ReplyDeleteTmbah'n lmpu (misalnya omni) d dkat objek, lalu di parameter omni aktif'n ceklis 'on' pda shadow. Render (F9) untuk liat hsilnya gan...
Klo tknik dasar modeling, coba ke http://jurusan-multimedia.blogspot.com/2012/07/modeling-pesawat-dengan-3ds-max.html
moga m'bantu gan... :-)
sip.. Öke trimakasih gan, d tnggu tutor slanjutnya..!
Deletesangat membantu tutorialnya. Salam prima plastik spesialist map raport , map ijazah , map sertifikat dan cover agenda. map raport
ReplyDelete