MENU
  • Home
  • Megamenu
    • Travel
    • Lifestyle
    • Fashion
    • Beauty
    • Travel
      • Travel
      • Features →
        • Left Sidebar Post
        • Fullwidth Post
        • Right Sidebar Post
      • Blog
      • Download
      CGRAFIS: Tutorial Belajar Animasi dan 3D
      • Home
      • Megamenu
        • Travel
        • Lifestyle
        • Fashion
        • Beauty
        • Travel
          • Travel
          • Features
            • Left Sidebar Post
            • Fullwidth Post
            • Right Sidebar Post
          • Blog
          • Download

          Home tutorial Bola Duri dengan 3DS Max

          Bola Duri dengan 3DS Max

          Tedi 12:21 PM 4

          Assalamu’alaikum agan2 semua.... gak kerasa nih udah mau bulan puasa lagi. ya... moga aja bulan puasa tahun ini makin banyak barokahnya buat semua yang menjalankannya. Amin....

          Oh, ya... pada tutorial kali ini saya membahas cara membuat objek berduri dengan 3DS MAX. Saya menggunakan Scatter, agar objek yang dipilih menyebar pada permukaan objek lainnya secara merata. Kita dapat mengatur jumlah objek yang disebar dan otomatis akan mengikuti bentuk surface. Screenshoot nya bisa agan lihat dibawah:


          Ok, cekidot mas bro...

          1.  Buat objek sphere pada viewport. Untuk ukuran, standar aja gan....


          2. Sekarang, buat objek durinya dari Cone. Atur parameter Radius2=0, supaya ujung atasnya runcing.


          3. Ini yang paling penting... aktifkan objek cone lalu pada panel Create > Geometry > Compound Object > Scatter.


          4. di parameter Scatter, klik tombol Pick Distribution Object lalu klik objek Sphere di viewport. Maka objek cone akan bergabung dengan sphere. Nah, supaya duri lebih banyak atur nilai Duplicates misal 60.





















           5. kini, objek cone sudah memenuhi permukaan sphere dan siap diberi material.


          6. supaya material berbeda antara duri dan bola, kita harus memberi identitas (ID) yang berbeda pula. Sebelum memberi ID, ubah dulu objek ke mode editable Poly. klik kanan objek > Convert To > Convert to editable Poly.

          7. Pada panel Modify, klik tanda plus (+) Editable Poly dan aktifkan Modus Element. Aktifkan bola (klik objek untuk mengaktifkan) lalu atur Set ID=1 lalu tekan Enter.


          8.Masih dalam modus Element, aktifkan semua duri lalu atur Set ID=2. Sekarang, objek bola mempunyai ID=1, sementara objek duri mempunyai ID=2. Pemberian ID Ini sangat berguna untuk memberi material berbeda pada satu objek.


          9. Sekarang, tekan tombol M pada keyboard untuk membuka Material Editor. Aktifkan slot baru lalu klik tombol standard. Pilih Multi/Sub –Object  maka akan ada jendela alert yang muncul. Pilih Discard old Material dan Ok.


          10. Nah, disini akan ada banyak no ID yang bisa anda pilih. Untuk memberi warna pada masing-masing ID, klik saja tombol Material #* (Standard) dan parameter selanjutnya pasti agan udah kenal^^..


          Pada gambar diatas, saya memberi Material ID 1 (bola) warna hitam dan mengaktifkan bump dengan tekstur tembok supaya terlihat kasar. Untuk Material ID 2 (duri), saya menggunakan warna putih dengan specular tinggi dan mengaktifkan Reflection=Raytrace.

          Sentuhan akhir, saya menambahkan gagang dan juga lantai serta teks. Hasilnya seperti gambar dibawah gan:

          Tags: 3D Modeling 3DS MAX Animasi komputer software teknik tutorial
          Share:
          • Next Tips Trik 3DS Max
          • Previous Hujan Uang Dengan 3DS Max Bag.2

          Related Posts

          • Variasi Teks dengan 3DS Max
          • Bola Duri dengan 3DS Max
          • Modeling Pesawat Dengan 3DS Max
          • Greeble Modeling dengan 3DS Max
          • Membuat Bumper Keren dengan 3DS Max
          • Tips Trik 3DS Max
          • Animasi Mobil dengan 3DS Max (Madcar)
          • Membuat Rumput di 3DS Max

          4 comments :

          1. AnonymousJuly 25, 2012 at 8:20 AM

            minta tekhnik2 dasar modelling dunk gan..
            Trus low bwt efek bayangan x itu pke ap?
            Kamera z, atw d tmbahin?
            Thnks

            ReplyDelete
            Replies
              Reply
          2. TediJuly 26, 2012 at 7:56 AM

            Spya ada byangan, harus ada pnchayaan/lampu gan...
            Tmbah'n lmpu (misalnya omni) d dkat objek, lalu di parameter omni aktif'n ceklis 'on' pda shadow. Render (F9) untuk liat hsilnya gan...

            Klo tknik dasar modeling, coba ke http://jurusan-multimedia.blogspot.com/2012/07/modeling-pesawat-dengan-3ds-max.html
            moga m'bantu gan... :-)

            ReplyDelete
            Replies
            1. AnonymousJuly 27, 2012 at 5:38 AM

              sip.. Öke trimakasih gan, d tnggu tutor slanjutnya..!

              Delete
              Replies
                Reply
            2. Reply
          3. PrimaplastikDecember 13, 2016 at 4:07 PM

            sangat membantu tutorialnya. Salam prima plastik spesialist map raport , map ijazah , map sertifikat dan cover agenda. map raport

            ReplyDelete
            Replies
              Reply
          Add comment
          Load more...

          Newer Post Older Post Home
          Subscribe to: Post Comments ( Atom )
          Designed by OddThemes

          About Author

          I'm Susanna, I blog about travel.

          This season, the American designer will showcase a series of historic objects from the New York museum's.

          Stay Connected

          Popular Posts

          • Membuat Intro Film dengan After Effect
          • Ayo Mulai Belajar After Effect Dari Sekarang!!!
          • Membuat Animasi Judul dengan After Effect Bag. 2
          • Masa Depan Karir Siswa Jurusan Multimedia
          • Membuat Animasi Judul dengan After Effect
          • Membuat Animasi Tanaman Tumbuh Dengan 3DS MAX
          • Tuttorial After Effect: Animasi Dasar
          • Pemandangan Laut dengan 3DS Max
          • Modeling Pesawat Dengan 3DS Max
          • Membuat objek Gelas dengan Blender
          Powered by Blogger.

          Category

          • 3d
          • 3D Modeling
          • 3DS MAX
          • Animasi
          • Blender
          • Cinema 4D
          • CSS
          • demo
          • download_software
          • FumeFX
          • HTML
          • jQuery
          • kamera
          • komputer
          • Motion Graphic
          • News
          • Photoshop
          • program
          • Rayfire
          • Slide
          • software
          • teknik
          • Thinking Particle
          • trouble shooting
          • tutorial
          • Tuttorial After Effect
          • Tuttorial FumeFX
          • umum
          • videografi
          • virus
          • Visual Effect
          • web

          Contact Form

          Name

          Email *

          Message *