Langsung aja ke T....K........P...................
1. Di DynamicSet pecah, tambahkan Group teko di dekat Shape Collision.
2. Tambahkan juga Operator Fragment dan tempatkan didekat Group teko. Untuk menambahkan Operator Fragment, klik Operator > Fragmenter > Fragment.
3. Kaitkan output ‘particle’ pada group teko ke input ‘particle’ pada operator fragment. Lalu di parameter Fragment, atur nilai:
Thresold = 0.1
Group, pilih pecahan. Agar ketika pecah, group akan berpindah dari group teko ke group pecahan.
Count=20 agar teko pecah menjadi 20 pecahan.
Pada From to, pilih Bottom >Top agar teko pecah dari bawah ke atas.
Life Span =900, yang penting nilainya lebih dari jumlah frame. Speed=0 dan atur Thicknes=1,5 supaya pecahan lebih tebal. Semakin tinggi nilai Thicknes, semakin tebal pula pecahan.
4. Klik kanan input (titik berwarna hijau) pada group teko dan aktifkan ON.
5. Kaitkan input ‘ON’ pada Group teko ke output ‘Collided’ pada operator Shape Collision.
6. Kita lihat di viewport, maka teko akan pecah ketika terjatuh, namun melayang ke atas. Ini karena
Group pecahan tidak terpengaruh gaya gravitasi.
7. Supaya group pecahan dipengaruhi gaya gravitasi, pilih DynamicSet lempar dan pada parameter teko, ganti group dari teko menjadi All. Sekarang, semua group akan dipengaruhi gaya gravitasi. Beres...
8. Gubrag....
Ok, mungkin hasilnya gak sesuai dengan yang agan harapkan. Misalnya teko hanya retak atau pantulan terlalu kuat, dan lainnya. Cobalah bereksperimen dengan parameter Operator Fragment, Shape Collision, Force dan pada parameter Group itu sendiri. Ada kalanya teko yang retak menembus lantai perlahan-lahan seperti merembes. Solusinya, coba tambah nilai Voxel Grid atau tambah segment pada box tersebut.
Hasil yang saya dapat bisa agan lihat dibawah. Saya menambahkan materlai pada semua objek. Kemudian, saya menambahkan Motion Blur agar saat bergerak cepat objek akan buram tak jelas. Hasilnya ada 2, yang pertama teko pecah belah dan yang kedua teko hanya retak disusul pecahannya yang mulai berjatuhan.
Ok, mohon maaf kalau bahasa saya kurang jelas (maklum masih baru) dan kalu ada yang kurang mengerti bisa bertanya lewat kotak komentar. Semoga tutorialnya bermanfaat, wasalam....
3DS MAX
Animasi
download_software
komputer
program
software
Thinking Particle
tutorial
umum
videografi
Visual Effect
nice info gan, gimana cara follow blog ini ?
ReplyDeleteeh aku udah follow blogmu gan, thnks juga dah follow blog ku
ReplyDeleteIya, sama-sama gan...
DeleteMakasih ya kunjungannya...
maaf, agan punya link download plugin thinking nya ? kalo boleh sy sedot plugin-nya
ReplyDeletegk punya gan, , ,
DeleteAsyik...
ReplyDeleteDapat ilmu baru lagi..
Makasih ya.. Sukses buat anda.